Mengenal Tanda-tanda I'rab









Lafadz-lafadz yang di
I’rabi dengan Harakat





Lafadz yang di I’rabi
dengan harakat ada empat  macam yaitu
isim mufrad, jamak taksir, jamak muannats salim, dan fi’il mudhari’ yang pada
huruf akhirnya tidak bertemu sesuatu (alif dhamir tasniyah,
waw jamak
dan
ya
muannats mukhathabah).






I’rab Isim Mufrad dan
Jamak Taksir


I’rab isim mufrad dan  jamak taksir 
yakni  ketika rafa’ ditandai
dengan harakat dhammah, ketika nashab ditandai dengan harakat fathah dan ketika
Jar ditandai dengan harakat kasrah. Contoh:


Yang dirafa’kan dengan
dhammah, seperti:


وَإِذْقَالَ إِبْرَاهِيْمُ، قَالَ أَصْحَابُ مُوْسَى.


Yang dinashabkan dengan
fathah, seperti:


وَاتَّقُوْا اللهَ، وَعَدَكُمُ اللهُ مَغَانِمَ كَثِيْرَةً.


Yang diJarkan dengan kasrah,
seperti:


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ.


I’rab Jamak Muannats Salim


I’rab jamak muannats salim
adalah ketika rafa’ ditandai dengan harakat dhammah, ketika nashab dan Jar
ditandai dengan harakat kasrah. Contoh:


Yang dirafa’kan dengan
dhammah, seperti:


إِذَا جَاءَكَ اْلمُؤْمِنَاتُ، وَأُوْلاَتُ اْلأَحْمَالِ.


Yang dinashabkan dengan kasrah,
seperti:


خَلَقَ اللهُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضَ، وَإِنْ كُنَّ أُوْلاَتِ حَمْلٍ.


Yang diJarkan dengan kasrah,
seperti:


وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَارِهِنَّ، وَمَرَرْتُ بِأُوْلاَتِ اْلأَحْمَالِ.





I’rab Fi’il Mudhari’


I’rab fi’il mudhari’
adalah ketika rafa’ ditandai dengan harakat dhammah, ketika nashab ditandai
dengan harakat fathah dan ketika jazm ditandai dengan harakat sukun. Contoh:


 Yang dirafa’kan dengan dhammah,
seperti:


نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ، وَاللهُ يَدْعُوْ اِلَى دَارِالسَّلَامِ.





Yang dinashabkan dengan
fathah, seperti:


لَنْ يَنَالَ اللهَ لُحُوْمُهَا وَلَادِمَاؤُهَا.


Yang dijazmkan dengan
sukun, seperti:


لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ.


I’rab Isim Ghairu Munsharif


I’rab isim ghairu munsharif
adalah ketika rafa’ ditandai dengan harakat dhammah, ketika nashab ditandai
dengan harakat fathah dan ketika Jar ditandai dengan harakat fathah. Contoh:


 Yang dirafa’kan dengan dhammah,
seperti:


اَحْمَدُ وَلَدٌ صَالِحٌ، كَانَ سَلْمَانُ اَلْفَارِسِيُّ.


Yang dinashabkan dengan
fathah, seperti:


اِحْتَرَمْتُ فَاطِمَةَ وَ زَيْنَبَ، اُدْخُلُوْا اُحَادَ وَاخْرُجُوْا مَثْنَي.


Yang diJarkan dengan
fathah seperti:


صَلَّي اَلْمُسْلِمُوْنَ فِيْ مَسَاجِدَ عَظِيْمَةٍ، 
وَاتَّبَعْتُ مِلَّةَ اِبْرَاهْيْمَ حَنِيْفًا.


Perlu diketahui bahwa terjadinya
isim ghairu munsharif itu karena isim tersebut mempunyai illat (penyebab),
yaitu illat washfiyah (sifat) dan illat ‘alamiyah (nama). Dan illat itu ada
yang dua illat dan ada pula yang satu illat menduduki tempat dua illat.





Isim Ghairu Munsharif dengan Dua
Illat


Washfiyah dan
salah satu ‘illat di bawah ini,


‘Adal, contoh: مَثْنَي ، ثُلَاثَ ، رُبَاعَ


Wazan fi’il,
contoh:
اَحْمَرُ ، اَبْيَضُ


Ziyadah alif nun,
contoh:
سَكْرَانُ ، عَطْشَانُ





‘Alamiyah dan
salah satu ‘illat di bawah ini,


‘Adal, contoh:  عُمَرُ ، زُحَلُ 


Wazan fi’il,
contoh:
        اَحْمَدُ ، يَحْيَ 


Ziyadah alif nun,
contoh:
عُثْمَانُ ،سَلْمَانُ


‘Ajamiyah, contoh: اِبْرَاهِيْمُ ، يُوْسُفُ


Tarkib mazaji, contoh: بَعْلَبَكَّ ، حَضْرَ مَوْتَ 


Ta
ta’
nits, contoh: خَدِيْجَةُ ، فَاطِمَةُ


Isim Ghairu Munsharif dengan Satu
Illat yang Menduduki Tempat Dua Illat


Shighat muntahal
jumu’, yaitu wazan 
 مَفَاعِلُ atau  مَفَاعِيْلُ , contoh: ،  مَسَاجِدُ مَصَابِيْحُ


Alif ta-nits
mamdudah, contoh:
  جَوْزَاءُ ، حَمْرَاءُ


Alif ta-nits
maqshurah, contoh:
حُبْلَي ، يَعْلَي











A.     
Lafadz-lafadz
yang di I’rabi dengan Huruf


Lafadz-lafadz  yang di I’rabi dengan memakai huruf ada
empat  macam yaitu isim tasniyah dan yang
dimulhaqkan dengannya, jamak mudzakar salim dan yang dimulhaqkan dengannya,
asmaus sittah, dan af’alul Khamsah.





1.      
I’rab
Isim Tasniyah


I’rab
Isim tasniyah  adalah ketika rafa’
ditandai dengan huruf  alif, ketika nashab
dan Jar ditandai dengan huruf ya. Contoh:


Yang dirafa’kan
dengan alif, seperti:


قَالَ رَجُلَانِ، إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَاللهِ اِثْنَاعَشَرَ شَهْرًا.


Yang di nashab
dan diJarkan dengan ya, seperti:


وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ، وَإِذْ أَرْسَلْنَا إِلَيْهِمُ اثْنَيْنِ، حَتَّى أَبْلُغَ مَجْمَعَ اْلبَحْرَيْنِ، وَمَرَرْتُ بِاثْنَيْنِ وَاثْنَتَيْنِ.





2.      
I’rab
Jamak Mudzakar Salim


I’rab
jamak mudzkar salim adalah ketika rafa’ ditandai dengan huruf  wawu, ketika nashab dan Jar ditandai dengan
huruf ya. Contoh:


Yang dirafa’kan
dengan wawu, seperti:


وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُوْنَ، إِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ عِشْرُوْنَ صَابِرُوْنَ


Yang di nashab dan diJarkan
dengan ya, seperti:


نُنْجِى اْلمُؤْمِنِيْنَ، وَوَاعَدْنَا مُوْسَى ثَلَاثِيْنَ لَيْلَةً، قُلْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ، فَإِطْعَامُ سِتِّيْنَ مِسْكِيْناً.





3.      
I’rab
Asmaul Khamsah


I’rab
asmaul Khamsah adalah ketika rafa’ ditandai dengan huruf wawu, ketika nashab
ditandai dengan huruf alif dan ketika Jar ditandai dengan huruf ya. Contoh:


Yang dirafa’kan
dengan wawu, seperti:


لَيُوْسُفُ وَأَخُوْهُ أَحَبُّ إِلَى أَبِيْنَا، وَإِنَّهُ لَذُوْ عِلْمٍ.


Yang dinashabkan dengan
alif, seperti:


مَاكَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ، وَنَحْفَظُ أَخَانَا.





Yang diJarkan dengan ya,
seperti:


إِرْجِعُوْا إِلىَ أَبِيْكُمْ، كَمَا أَمِنْتُكُمْ عَلَى أَخِيْهِ.





4.      
I’rab
Af’alul Khamsah


I’rab
af’alul Khamsah adalah ketika rafa’ ditandai dengan memakai  nun, ketika nashab dan jazm ditandai dengan
membuang (menghilangkan) huruf nun-nya. Contoh:


Yang dirafa’kan
dengan memakai nun, seperti:


وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَان، اَلَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِاْلغَيْبِ، قَالُوْا أَتَعْجَبِيْنَ مِنْ أَمْرِاللهِ.


Yang di nashab
dan dijazmkan dengan membuang nun, seperti:


وَأَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَكُمْ، وَلَنْ تَقُوْمِىْ، إِنْ تَتُوْبَا، وَإِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا، وَلَا تَخَافِىْ وَلَا تَحْزَنِىْ.








I’rab af’alul Khamsah adalah ketika rafa’ ditandai
dengan memakai  nun, ketika nashab dan
jazm ditandai dengan membuang (menghilangkan) huruf nun-nya. Contoh


Yang dirafa’kan dengan memakai nun, seperti





وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَان، اَلَّذِيْنَ
يُؤْمِنُوْنَ بِاْلغَيْبِ، قَالُوْا أَتَعْجَبِيْنَ مِنْ أَمْرِاللهِ.





Yang di nashab dan dijazmkan dengan membuang nun,
seperti







وَأَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ
لَكُمْ، وَلَنْ تَقُوْمِىْ، إِنْ تَتُوْبَا، وَإِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا،
وَلَا تَخَافِىْ وَلَا تَحْزَنِىْ.



No comments

Powered by Blogger.